Pasang Iklan Disini

Apa Itu Augumented Reality?

WWW.WEEKENDTEES.NET - Kabar terbaru bahwa Apple Inc. akan menghadirkan teknologi Augumented Reality pada IOS terbarunya yang spekulasinya akan di terapkan pada Apple Maps dan memungkinkan hadirnya overlay dengan informasi lokasi yang di inginkan.

Ilustrasi Augumented Reality (Photo : commons.wikimedia.org)

Namun, apakah anda tau apa itu Agumented Reality?

Agumunted Reality (AR) bila di artikan ke bahasa indonesia Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda benda maya tersebut seperti nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Agumented Reality hanya sekedar menambahkan atau melengkapi agar terlihat lebih nyata.

Pada tahun 1997 Ronald T.Azuma mendefinisikan bahwa Augumented Reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan dapat terintegrasi antar benda dalam tiga dimensi yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi sesuai interaktivitas dan dimungkinkan melalui perangkat-perangkat tertentu dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif.

Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, Augumented Reality juga berpotensi menghilangkan benda-benda di lingkungan nyata yang sudah ada dengan cara memanipuasinya dari pandangan penggunanya.

Bagaimana Prinsip Kerja Augumented reality?

Sistem Augumented Reality bekerja berdasarkan pembacaan citra-citra yang digunakan, yaitu marker. Prinsip kerja Augumented Reality sebenarnya cukup sederhana dan kita ambil contoh seperti :
Webcam yang telah di kalibrasi akan mendeteksi marker yang di berikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi yang di terima dari marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah di buat sebelumnya.

Dan di bawah ini adalah contoh penerapan Augumented Reality :

Sangat menarik sekali ya bila teknologi Augumented Reality ini di terapkan seperti di video di atas.
Hmm, Oke sekian pembahasan kita mengenai Augumented Reality kali ini, jangan lupa untuk terus update informasi menarik hanya di weekendtees.net dan follow social media kita hanya dengan klik icon yang berada di sidebar website ini. Terimakasih sampai jumpa di artikel lainnya :D
Share on Google Plus

About Unknown

Berbagi Bersama-sama, Mengerti Bersama-sama. weekendtees@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment